Kamis, 03 Desember 2009

Beyonce, Vokalis Wanita Paling Bersinar

Beyonce, Vokalis Wanita Paling Bersinar



Sebuah gelar baru disandang oleh Beyonce. Mantan personel Destiny's Child ini dinobatkan sebagai penyanyi pop terbaik dunia pada tahun ini. Pamornya jauh lebih mentereng dibanding para seniornya seperti Britney Spears, Kylie Minogue, Madonna, maupun grup Take That.

Predikat sebagai penyanyi pop paling bersinar di dunia ini didapat dari hasil poling internet. Penggagasnya adalah sebuah situs hiburan T4. Poling tersebut mengambil responden 100 ribu penggemar musik yang mengakses pilihannya lewat T4-Channel4. Sebagai puncak acara dihajat sebuah pertunjukkan langsung dari Earls Court, London, yang mengusung tajuk 'Stars of 2009'.

''Beyonce merupakan superstar global yang sesungguhnya. Dia begitu dikenal dengan gaya artistiknya yang luwes, baik dari kekuatan senandung ballad R&B yang dimilikinya hingga tarian khasnya yang luar biasa,'' kata bos dari T4, Neil McCallum.

''Terus terang ini bukanlah sebuah kejutan yang luar biasa lagi kalau dia telah memikat para audiens kami. Rasanya dia memang pantas untuk ianugerahkan sebagai bintang pop terbesar dunia saat ini,'' sambung McCallum kembali.

Penghargaan yang didapat dari T4 ini sakan melengkapai pencapaian sukses yang telah didapatnya sepanjang tahun ini. Sebelumnya senandung 'Crazy In Love' miliknya juga pernah dianugerahkan sebagai lagu terbaik pada dekade milenium ini oleh majalah musik NME.

'Crazy In Love' sendiri merupakan lagu R&B yang turut menampilkan bintang hip hop Amerika Jay-Z. Lagu ini kali pertama dirilis pada Juli 2003 sebagai lagu andalan dari debut albumnya, Dangerously in Love. Sukses lagu tersebut membuat banyak artis dunia membawakannya dalam beragam versi.

Pencapaian sukses yang kini didapat oleh Beyonce ternyata harus dilakukan dengan sebuah pengorbanan besar. Dalam sebuah wawancara yang dilansir oleh laman digitalspy, penyanyi kelahiran Houston, Texas, 4 September 1981 ini mengaku telah mengorbankan kehidupan pribadinya. ''Saya memang telah mengorbankan kehidupan,'' kata Beyonce. ''Terkadang ini sungguh sulit dijalankan.''

Namun sebagai konsekuensinya, Beyonce mengaku, berusaha untuk konsekuen menjalani semua ini. ''Saya telah menjalani semua ini sejak usia 15 tahun. Saya sadar semua hal yang layaknya butuh banyak pengorbanan dan ketika sesuatu itu berjalan terlalu mudah, saya justru menjadi cemas.''

Seperti dilansir dari situs wikipedia, sejak kecil Beyonce telah mulai merintis dan mengasah kemampuan seninya lewat aktifitasnya di sejumlah sekolah seni yang ada di Houston. Sejak usianya yang masih 'hijau' tersebut, pemilik nama lengkap Beyonce Giselle Knowles ini telah memperlihatkan auranya untuk menjadi bintang masa depan dengan indikasi seabrek penghargaan yang didapat lewat kompetisi tarik suara maupun menari.

Lalu pada penghujung dekade 1990-an, pamor Beyonce mulai dikenal publik berkat perannya sebagai lead singer dari kelompok musik Destiny's Child. Saat itu pihak label yang kala itu masih bernama Sony, melaporkan penjualan album dari grup tersebut mampu melampaui penjualan hingga 100 juta kopi.

Sedangkan peruntungan Beyonce menjadi lebih besar ketika dia memutuskan diri untuk bersolo karier. Debut albumnya Dangerously in Love (2003) langsung meledak dan sempat tercatat sebagai album paling sukses pada saat itu. Dari album tersebut terlahir sejumlah hits seperti Crazy In Love, Baby Boy, Naughty Girl. Lewat album tersebut, membawa Beyonce berhasil menggenggam lima tropi bergengsi dari ajang Grammy Awards 2004.

Setelah sukses didapat di awal karier, ternyata peruntungan masih terus mendekati Beyonce. Dalam rentang enam tahun, pamor penyanyi yang pernah menyambangi Indonesia ini justru kian mengkilap. Selain tetap konsisten melahirkan album lanjutan seperti, B'Day dan I Am… Sasha Fierce, Beyonce ternyata mampu juga mengepakkan sayapnya ke dunia akting. Perannya di film drama musikal Dreamgirls sempat membawanya masuk sebagai nominator pada ajang Golden Globe.

Dan terakhir, majalah Forbes pun merasa gatal untuk memberikannya sebuah anugerah. Pada tahun ini, majalah ekonomi berpengaruh di dunia itu menempatkan Beyonce sebagai 100 Selebriti Paling Kuat dan Berpengaruh di dunia. Selain itu juga, Beyonce diganjar predikat tambahan sebagai Selebritis Bayaran Termahal untuk usia di bawah 30 tahun. akb/rin[republika]

Diskografi Beyonce :
  • Dangerously in Love (2003)
  • B'Day (2006)
  • I Am... Sasha Fierce (2008)

0 komentar:

Posting Komentar